SAAT TEPAT PANEN JAGUNG MANIS

320
  Sabtu, 19 Agustus 2017 DEMPLOT

Bulan Juli 2017 memasuki musim kemarau, pasokan air irigasi sawah yang masuk ke Lahan Praktek Karang Tumaritis sudah mulai berkurang. Sehingga pilihannya adalah menanam tanaman palawija atau tanaman yang tahan terhadap kering. Dicobalah tanaman jagung manis di lahan ukuran 10 x 25 meter.

Tanah yang sudah diolah dan siap ditanam, kemudian ditugal/dilubangi dengan alu/tongkat dengan kedalaman sekitar 5-10 cm. Setiap lubang diberi 1 biji benih jagung manis, setelah diisi lubang ditutup kembali dengan tanah.

Perawatan yaitu dengan penyulaman di minggu pertama, penyiangan agar rumput tidak tumbuh di sekitar tanaman jagung. Pupuk yang diberikan adalah pupuk kompos dan dikocor/disiram dengan kotoran kambing yang sudah difermentasi.

Waktu yang ditunggu pun tiba, 7 dan 8 Agustus pagi hari dilakukan panen. Panen jagung manis tergolong sangat cepat. Jangka waktunya sekitar dua bulan dari masa tanam.

Umur jagung manis siap panen

Saat jagung manis sudah terlihat berbunga dan mulai melakukan pengisian biji, itu menjadi sebuah pertanda bahwa waktu pemanenan sebentar lagi. Pembungaan terlihat ketika tanaman telah memasuki umur sekitar 42 hari. Setelah pembungaan, barulah disusul dengan pengisian biji secara penuh. Pemanenan dapat dilakukan setelah tanaman memasuki usia 2 bulan atau 60 hari.

Panen jagung manis dilakukan setelah hari ke-63. Ini bertujuan agar biji jagung terisi penuh. Usahakan pemanenan jangan dilakukan lebih dari 67 hari. Ini karena dapat menyebabkan jagung manis menjadi tidak manis lagi. Selain itu, dapat terjadi perubahan warna dan bentuk dari tekstur jagung manis tersebut.



BERITA POPULER