KURSUS BUDIDAYA ANGGREK

326
  Selasa, 12 September 2017 KURSUS

Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta diberikan tugas untuk melaksanakan kursus sebagai salah satu peningkatan kemampuan sumberdaya manusia PSM, yang nantinya diujicobakan di lahan praktek dan sebagai bahan pembelajaran dalam kegiatan pelatihan. Nah untuk kali ini, kami akan mengulas tentang kursus budidaya anggrek.

Tanaman hias anggrek di Indonesia memiliki potensi yang amat besar untuk dibudidayakan secara komersil dan memiliki prospek bisnis tanaman hias yang bagus. Sekitar 25 persen spesies tanaman hias anggrek dunia berada di Indonesia dan lebih dari 700 spesies anggrek dipunyai oleh Indonesia,  bahkan sekitar 90 persen induk-induk silangan anggrek yang paling digemari dan dikomersilkan berasal dari Indonesia.

PSM yang mengikuti kursus yaitu Pujo Rahmat, Bayu Kristianto dan Rindang Purwandari. Kursus budidaya anggrek dilaksanakan di Keboen Kita Jogja. Jalan Pramuka No 74 RT/RW 09/05 Dusun Candran Desa Sidoarum Kecamatan Godean sleman Yogyakarta tanggal 8-12 Agustus 2017. Waktu yang cukup singkat dioptimalkan dengan belajar tentang pengenalan jenis anggrek, proses split, kultur jaringan, aklimatisasi, hibridisasi,

Jenis anggrek


Dikenalkan jenis anggrek yang banyak disukai masyarakat adalah jenis dendrobium, phalaenopsis dan vanda. Hal ini dikarenakan anggrek tersebut mudah hidup di dataran rendah bunganya juga sangat menarik dan indah. Selain itu, jenis anggrek ini juga memiliki banyak varietas.

Proses split

Diajarkan proses split (memotong, memisahkan rumpun anggrek). Jika dalam satu pot rumpun anggrek koleksi kita sudah banyak, berarti saatnya rumpun kita kurangi. Hal ini sangat penting untuk peremajaan dan kesempatan memperbanyak tanaman. Prosesnya biasanya dilakukan pada anggrek sympodial. Misal: Dendrobium, Oncidium, Cattleya dll. Cara memotong / memperbanyak tanaman anggrek secara vegetatif ini adalah cara yang sangat menyenangkan dan hiburan bagi penggemar anggrek. Yang perlu diperhatikan dalam memotong (split) tanaman anggrek adalah membuat luka/potongan sekecil mungkin.

Kultur jaringan

Kegiatan ini menyenangkan saat dijalani namun perlu kehati-hatian. Kultur jaringan tanaman merupakan bagian suatu teknik perbanyakan vegetattif nonkonvensional. Mensyaratkan kondisi di dalam ruangan dan sifatnya aseptik.

Tantangan menjalankan bisnis di bidang tanaman hias anggrek adalah ada pada sistem perbanyakan penanaman. Karena, untuk menghasilkan satu tanaman anggrek yang berkualitas tidak semudah menanam tanaman hias lainya. Hal ini dikarenakan biji anggrek yang harus ditanam dengan menggunakan media tambahan. Selain itu, dalam menanam tanaman anggrek juga harus dilakukan di tempat yang steril agar menghasilkan tanaman anggrek yang berkualitas super.

Aklimatisasi

Aklimatisasi atau penyesuaian terhadap lingkungan baru dari lingkungan yang terkendali ke lingkungan yang relatif berubah. Bibit anggrek hasil perbanyakan secara in vitro membutuhkan proses adaptasi sebelum tumbuh besar menjadi tanaman. Penyesuaian terhadap iklim pada lingkungan baru yang dikenal dengan aklimatisasi merupakan masalah penting apabila membudidayakan tanaman menggunakan bibit yang diperbanyak dengan teknik kultur jaringan.

Hibridisasi


Merupakan mengawinkan bunga anggrek yang dengan sengaja kita lakukan untuk tujuan mendapatkan mutu bunga anggrek yang lebih bagus. Bunga anggrek sangat mudah disilangkan, baik secara alami maupun bantuan manusia. Anggrek hasil silangan dikenal sebagai anggrek hibrida.

Packaging dan pemasaran.

Potensi anggrek di Indonesia begitu melimpah dan anggrek menjadi sebuah produk tanaman hias yang tidak mudah membuat orang cepat bosan. Selain itu, varian dari anggrek Indonesia khususnya species (anggrek alam) sangat beragam. Jadi, kalau kita gunakan sebagai bahan persilangan akan menghasilkan jenis baru yang tidak terbatas. Respon pasar terhadap anggrek cukup positif sehingga menarik banyak peminat untuk membeli tanaman anggrek, sehingga perlunya packaging dan pemasaran.

Indonesia memiliki ribuan jenis tanaman hias dan anggrek, kita hanya memerlukan kreativitas menampilkan sesuatu “yang berbeda”. Kalau kita membuat persilangan maka akan menghasilkan persilangan yang unik, berbeda dan akan banyak diminati.

Semoga kursus budidaya anggrek ini, dapat memberikan manfaat yang positif bagi PSM dan dapat diaplikasikan di lahan praktek.


BERITA POPULER