KURSUS BREEDING UNGGAS

327
  Selasa, 12 September 2017 KURSUS

Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta memiliki 2 lahan praktek yaitu Lahan Praktek Karang Tumaritis dan Lahan Praktek Karang Kadempel. Lahan tersebut dikembangkan percontohan pengoptimalan lahan dan sistem budidaya pertanian, peternakan dan perikanan terpadu. Salah satu yang dikembangkan adalah unggas, berupa ayam petelor, ayam jawa super dan burung puyuh.

Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) BBLM Yogyakarta sebagai motor dalam pengembangan lahan pekarangan, perlunya peningkatan sumberdaya manusia yaitu dengan melakukan kursus breeding unggas di Bumi Ternak Klaten Jalan Raya Karangdowo-Pedan Km 1 Banaran, Pugeran, Karangdowo, Klaten tanggal 8-12 Agustus 2017. Kursus ini diikuti oleh Cahyono, Agung Cahyo Prabowo dan Anwar setiawan.

Waktu yang cukup singkat, dan sebenarnya masih sangat kurang sehingga dioptimalkan dengan pemberian teori kemudian praktek. Adapun yang dipelajari yaitu IB unggas, pembuatan probiotik unggas, formulasi pakan, Pembuatan Probiotik Total Hayati (PTH), Bio Pestisida dan penetasan telur.

IB Unggas


Inseminasi buatan (IB) pada unggas saat ini sudah jauh dikenal untuk mengembangkan unggas terutama untuk ayam pembibit. Teknik perkawinan secara IB mutlak diperlukan untuk mempercepat peningkatan populasi ayam, khususnya ayam petelur, pedaging dan ayam kesayangan lainnya. Teknik IB merupakan bagian dari tatalaksana ternak unggas dengan tujuan utama adalah memproduksi anak ayam semaksimal mungkin.

Saat praktek perlunya kecermatan mengeluarkan sperma pada ayam jantan, dan menyuntikkannya sperma ke alat kelamin ayam betina.

Pembuatan Probiotik Unggas


Probiotik merupakan produk yang mengandung mikroorganisme hidup yang ditambahkan ke dalam pakan. Probiotik berguna untuk mempengaruhi laju pertumbuhan, penggunaan ransum, pencernaan terhadap bahan pakan dan kesehatan ternak melalui perbaikan keseimbangan mikroorganisme di dalam saluran pencernaan.

Ramuan alam yang sudah diujicobakan dan memberikan pengaruh kesehatan, pertumbuhan yang optimal dipraktekkan. Dalam praktek pembuatan probiotik perlunya komposisi bahan, proses pemasakan bahan dan fermentasi.

Formulasi Ransum

Pakan unggas, merupakan momok lama bagi peternak unggas terutama para peternak ayam ras (pedaging dan petelur). Bagaimana tidak, harga pakan yang tidak bisa stabil ditambah harga produk yang ikut tidak stabil salah satunya adalah karena pengaruh dari pakan. Maka tak sedikit para peternak ayam ras yang merugi sampai gulung tikar.

70 % total biaya budidaya unggas ada di pakan. Oleh karena itu  saat kursus ini diberikan pembelajaran untuk membuat pakan sendiri dengan menghitung ransum pakan/kansungan protein yang dibutuhkan unggas untuk tumbuh dan berkembang.

Penetasan Telur

Skala usaha, telur perlunya ditetaskan dalam jumlah banyak dan waktu serempak. Jika hanya mengandalkan penetasan alami tidak akan mencukupi permintaan pasar. Saat ini sudah sangat banyak mesin penetasan alami dan otomatis. Dalam kursus ini diberikan pembelajaran membedakan telur fertil dan non fertil, tahapan perlakuan telur selama proses penetasan dan langkah awal saat telur menetas.

Semoga kursus ini memberikan pengaruh yang lebih baik untuk budidaya unggas di Lahan Praktek.


BERITA POPULER