PEMBUATAN ABON JANTUNG

376
  Senin, 06 Nopember 2017 UJICOBA

Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta diberikan peningkatan kemampuan SDM dengan mengikuti bimbingan teknis, kursus, dan uji coba. PSM BBLM Yogyakarta dalam mempersiapkan kegiatan pemanduan pelatihan membekali dirinya dengan melakukan uji coba terlebih dahulu.

Salah satu uji coba yang dilakukan adalah pembuatan abon jantung. Kita mengetahui bahwa abon jantung pisang adalah salah satu menu masakan yang mungkin masih sedikit asing bagi sebagian orang. Ternyata, pisang tidak hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsi, tetapi bunga pisang atau yang dikenal dengan jantung pisang juga dapat dikonsumsi, salah satunya dengan dibuat olahan abon jantung pisang. Jantung pisang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan sangat jarang ada pada bahan makanan yang lain. Jantung pisang mempunyai kandungan serat yang tinggi, vitamin C, vitamin B1, protein, fosfor, mineral dan kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang kita.

PSM dalam membuat abon terlebih dahulu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Adapun bahan yang disiapkan adalah jantung pisang, air, santan, bawang merah, bawang putih, kaldu sapi bubuk, ketumbar bubuk, gula merah, garam, cabe merah, daun salam, lengkuas dan minyak goreng.

Dalam pembuatan abon pisang, langkahnya adalah :

  1. Jantung pisang dibersihkan, dikupas sampai warna putih. Selanjutnya dipotong kecil-kecil
  2. Air, santan, dan kaldu sapi direbus mendidih
  3. Masukkan jantung pisang dan rebus hingga lunak, kemudian diangkat dan tiriskan jantung pisang.
  4. Cincang jantung pisang yg sudah ditiriskan hingga halus.
  5. Haluskan bumbu : bawang merah, bawang putih, cabai merah, ketumbar, garam, gula merah. Tumis dan masukkan lengkuas dan daun salam.
  6. Masukkan jantung pisang dan tumis hingga bumbu meresap. Tambahkan 1 sdt kaldu sapi bubuk. Masak hingga kering.
  7. Panaskan minyak, goreng jantung pisang hingga kuning kecoklatan. Angkat tiriskan. Pres sisa minyak pada abon (saya dengan tissue).

Setelah jadi, abon jantung pisang dapat disajikan dengan nasi atau makanan lainnya. Rasanya sangat enak dan bagi anda yang penasaran silahkan untuk mencobanya.

Demikian ujicoba yang dilakukan PSM BBLM Yogyakarta dalam membuat abon jantung, semoga menambah wawasan kita dalam mengolah aneka ragam makanan.

Pencacahan bahan baku jantung

Abon jantung dicampurkan dengan bumbu


BERITA POPULER