PELATIHAN PENGELOLAAN BUMDESA DI BANYUMAS

549
  Rabu, 03 April 2019 JENIS-PELATIHAN

Permendesa Nomor 4 tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa, yang menjadi pedoman bagi daerah dan desa dalam pembentukan dan pengelolaan BUMDesa. Pengembangan BUMDesa merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa.  BUMDesa menjadi tulang punggung perekonomian pemerintahan desa guna mencapai peningkatan kesejahteraan warganya.

BBLM Yogyakarta melaksanakan Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa selama 6 (enam) hari dari tanggal 26 Februari – 3 Maret 2019 di Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyumas dengan jumlah peserta 30 orang berasal dari wilayah Kabupaten Banyumas, dengan pemandu dari Praktisi dan PSM BBLM Yogyakarta.

Pelatihan dibuka pada tanggal 26 Februari 2019 oleh Sekretaris Dinas Sospermasdes Bapak Kamijo, hadir dalam pembukaan Ibu Nofita, Komisi V DPR RI menyampaikan setiap desa agar mampu memaksimalkan potensi yang ada sebagai usaha BUMDesa yang dikemas lebih kreatif, inovatif, produktif dan menguntungkan sehingga desa menjadi sejahtera dan berkembang.

Peserta dengan antusias mengikuti pembelajaran dan praktek meliputi kebijakan pemerintah dalam mendorong pembangunan desa, pembentukan BUMDesa, pengelolaan BUMDesa, sistem keuangan desa, pembinaan, pengawasan dan pertanggungjawaban.

Semoga pelatihan ini menguatkan kelembagaan BUMDesa sebagai poros perekonomian desa yang memanfaatkan potensinya guna mencapai peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Banyumas


Banyumas


BERITA POPULER