EDAMAME SEHAT DAN PROSPEKNYA MENGGIURKAN

601
  Sabtu, 04 Mei 2019 DEMPLOT

Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta mengembangkan edamame di Demplot/Lahan Praktek. Hal ini karena perawatannya mudah dan kandungan gizi edamame tinggi. Secara ekonomi edamame mempunyai peluang pasar yang cukup besar, baik permintaan pasar domestik maupun luar negeri. Tingginya permintaan pasar terhadap edamame menjadi daya tarik para petani untuk meningkatkan terus produksinya, sehingga sangat potensial untuk dikembangkan.

Lahan Praktek BBLM Yogyakarta digunakan untuk menanam edamame dengan membuat bedengan-bedengan. Setiap bedengan diberikan pupuk dasar dan diberikan mulsa di atasnya. Mulsa yang sudah terpasang rapi diberikan lubang tanam dengan jarak tanam 20x25 cm.

Pada tanggal 2 April 2019 dilakukan panen edamame di BBLM Yogyakarta. Panen dilakukan karena tanaman edamame sudah umur 70 hari dan polong sudah banyak berisi penuh. Cara pemanenannya tidak dengan cabut batang, namun memilih polong edamame yang sudah padat berisi.

Pujo Rahmat, PSM BBLM Yogyakarta menyampaikan “Hasil panen per tanaman edamame menghasilkan sekitar 70-80 polong. 1 polong edamame beratnya sekitar 0,3-0,325 gram. Jarak tanam edamame adalah 20x 25 cm. Sehingga dalam 1 m2 dapat menghasilkan edamame sekitar 2,6-3,3 kg. BBLM Yogyakarta menjual edamame yaitu 18.000 per kg”.

Silahkan bagi anda yang menyukai edamame dapat datang ke Kantor BBLM Yogyakarta untuk belajar bersama tentang edamame. Ulasan tentang budidaya silahkan lihat di Youtube BBLM Yogyakarta.

edamame

 

edamame


BERITA POPULER