TINGKATKAN HASIL DENGAN MINA PADI

603
  Sabtu, 04 Mei 2019 DEMPLOT

Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) BBLM Yogyakarta melakukan inovasi baru dalam mengembangkan lahan praktek. Salah satu optimalisasi potensi lahan sawah dan peningkatan pendapatan adalah dengan merekayasa lahan dengan teknologi tepat guna. Cara yang dilakukan yaitu mengubah strategi pertanian dari sistem monokultur ke sistem diversifikasi pertanian, salah satunya adalah dengan menerapkan teknologi budidaya mina padi. Hal ini karena seiring meningkatnya kebutuhan pangan dan semakin terbatasnya lahan untuk memproduksi ikan hasil budidaya khususnya untuk budidaya ikan di air tawar.

Mina padi adalah suatu bentuk usaha tani gabungan yang memanfaatkan genangan air sawah yang tengah ditanami padi sebagai kolam untuk budidaya yang memaksimalkan hasil tanah sawah. Mina padi untuk meningkatkan efisiensi lahan karena satu lahan menjadi sarana untuk budidaya dua komoditas pertanian sekaligus.

Tanaman padi yang dibudidayakan adalah padi ketan, sedangkan ikannya yaitu ikan nila. Waktu yang tepat untuk menebar benih ikan yaitu di saat tanaman padi berumur 30 HST (Hari Setelah Tanam) yaitu setelah penyiangan pertama dan pemupukan dasar. Penebaran dapat dilakukan pada sore atau pagi hari. Berdasarkan hasil pengamatan padi tumbuh subur dan ikan cepat besar.

“Melalui mina padi, tanaman padi yang dihasilkan lebih berkualitas karena mina padi memungkinkan terciptanya pertanian organik yang ramah lingkungan dan produknya lebih sehat, baik dari padi yang dihasilkan maupun hasil panen dari ikan” Penjelasan Bayu Kristianto, PSM BBLM Yogyakarta.

Ikan Nila merupakan jenis ikan yang paling baik dipelihara di sawah, karena ikan tersebut dapat tumbuh dengan baik meskipun di air yang dangkal, serta lebih tahan terhadap matahari. Agar pertumbuhan tanaman padi tidak terganggu, pemeliharaan ikan di sawah harus disesuaikan dengan sistem pengairan yang ada.

Mina padi juga jadi salah satu spot foto yang menyenangkan dan mengasyikkan dengan menikmati hijaunya tanaman padi sambil memberi pakan ikan.

Terus berinovasi dan berkreasi Lahan Praktek BBLM Yogyakarta. Salam APIK

Mina padi


BERITA POPULER