BUM DESA MEMAJUKAN EKONOMI DESA

709
  Jumat, 06 September 2019 JENIS-PELATIHAN

“BUM Desa merupakan program prioritas Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi sebagai amanat dari Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang desa yang menjelaskan bahwa setiap desa mempunyai lembaga BUM Desa sebagai penggerak roda perekonomian desa sekaligus meningkatkan pendapatan asli desa” Arahan Ibu Erlin Chaerlinatun, Kepala BBLM Yogyakarta saat membuka Pelatihan Pengelolaan BUM Desa Angkatan 21 dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Calon Transmigran Angkatan 8 di BBLM Yogyakarta.

Pembukaan pelatihan pada tanggal 22 Agustus 2019 yang dihadiri oleh Kepala Dinas PMD Kab. Blitar, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kebumen, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Semarang, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo, Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kabupaten Karanganyar.

BUM Desa merupakan salah satu pelatihan di BBLM Yogyakarta. Adapun pelatihan di BBLM Yogyakarta adalah Pelatihan Pengelolaan BUM Desa, KPMD, Prukades dan calon transmigran. BBLM Yogyakarta memberikan penguatan melalui pelatihan bagi BUM Desa yang telah menerima bantuan dari Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi dan BUM Desa yang ada di Provinsi D I Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“BBLM Yogyakarta mempunyai sarana dan prasarana yang memadai (Videonya dapat dilihat di  https://www.youtube.com/watch?v=h_fjyzfacMo&t=17s) untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat dan pelatihan ini GRATIS” Ungkap Ibu Erlin, Kepala BBLM Yogyakarta.

BBLM Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan BUM Desa Angkatan 21 diprogramkan sebanyak 48 JPL selama 6 hari, 22-27 Agustus 2019 dengan peserta sebanyak 40 orang yang berasal dari Kabupaten Pemalang 20 orang dan Kabupaten Blitar 20 orang. Pelatihan ini bertujuan Pelatihan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia agar mampu mengelola dengan baik sesuai potensinya seperti potensi wisata, kuliner, pengelolaan limbah sampah, pengelolaan sumber air termasuk penyertaan modal dari dana desa.

Semangat, disiplin dan aktif para peserta selama mengikuti pembelajaran yang dipandu oleh FORMASI (Forum Masyarakat Sipil) Kebumen dan PSM BBLM Yogyakarta. Juga dihadirkan Narasumber dari Sekjen Forum BUM Desa. Peserta diberikan pembelajaran teori dengan metode ceramah, diskusi kelompok, simulasi, dan tanya jawab. Adapun materi pembelajaran adalah kebijakan pemerintah dalam mendorong BUM Desa, pembangunan desa, pembentukan BUM Desa, pengelolaan BUM Desa, sistem akuntansi desa, pembinaan, pengawasan dan pertanggungjawaban, pembulatan dan rencana kerja tindak lanjut. 

Peserta dalam kegiatan pembelajaran juga mendapat kesempatan untuk kunjungan lapang. Hal ini untuk menambah wawasan baru dan gambaran pengelolaan dan keberhasilan BUM Desa tempat kunjungan lapang, sehingga diharapkan peserta meningkatkan motivasinya, kreasi, dan modifikasinya yang dapat diterapkan di BUM Desa para peserta. Adapun tempat kunjungan lapang adalah di BUM Desa Amarta di Desa Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta pada tanggal 25 Agustus 2019 yang mempunyai unit usaha pengelolaan sampah dan usaha desa.

Pelatihan ditutup oleh Kepala BBLM Yogyakarta, Ibu Erlin Chaerlinatun M pada tanggal 27 Agutus 2019. Memberikan arahan “Peserta diharapkan menjadi pioner dan menularkan ilmunya yang telah didapat ke masyarakat di desanya. BBLM Yogyakarta juga mempunyai program Pelatihan E-Commerce untuk memfasilitasi alumni BUM Desa dalam pemasaran produk”.

Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi juga memberikan apresiasi bagi para pengurus BUM Desa, KPMD, pendamping desa, pemerintah desa dengan diikutsertakan kunjungan lapang ke China dan Korea.

BUM Desa menjadi tulang punggung perekonomian desa guna mencapai peningkatan kesejahteraan warga.

Salam APIK

Bumdes

 

Bumdes


BERITA POPULER