PEMBUKAAN PELATIHAN PENGELOLAAN BUMDESA ANGKATAN II DI SUMENEP

1429
  Selasa, 16 Nopember 2021 JENIS-PELATIHAN

Pelatihan Pengelolaan BUM Desa Angkatan II dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha BBPPM Yogyakarta, Bambang Kusbiantoro, SH, M.Sc pada tanggal 15 November 2021 di Kabupaten Sumenep.

 

BBPPM Yogyakarta melaksanakan pelatihan secara serempak 5 Angkatan di 5 Kabupaten yaitu Pelatihan Pengelolaan BUM Desa di Kabupaten Probolinggo, Sumenep dan Bojonegoro; dan Pelatihan Perencanaan Partisipatif di Kabupaten Brebes dan Kudus.

 

Pelatihan Pengelolaan BUM Desa Angkatan II di Kabupaten Sumenep dilaksanakan selama 6 hari, tanggal 15-20 November 2021 yang diikuti oleh 30 peserta berasal dari 15 BUM Desa 15 Kecamatan di Kabupaten Sumenep.

 

Peserta selama 6 hari akan dilatih oleh Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) BBPPM Yogyakarta dengan materi pembelajaran diantaranya konsep dasar membangun BUM Desa, alur pendirian BUM Desa, identifikasi potensi desa, memilih potensi desa, merencanakan bisnis, manajemen bisnis, mengelola SDM, mengelola proses produksi, pemasaran produksi, membangun jaringan,  memanfaatkan teknik informasi dengan E-commerce, hingga kinerja keuangan, dan mekanisme pertanggungjawaban.

 

Pembukaan pelatihan dihadiri oleh Kepala Dinas PMD Kab. Sumenep, Muhammad Ramli, S.Sos, M.Si, perwakilan Bappeda, Ketua Paguyuban Camat se Kab. Sumenep, Ketua Asosiasi Kepala Desa Kab. Sumenep.


BERITA POPULER