PEMIJAHAN IKAN LELE

359
  Selasa, 03 Oktober 2017 DEMPLOT

Lahan praktek milik Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta mengembangkan pertanian, peternakan dan perikanan terpadu. Di bidang perikanan salah satunya adalah pembenihan ikan lele.

Permintaan bibit ikan yang cukup tinggi, namun stok yang ada masih belum mencukupi. Ini merupakan peluang besar agar para pembudidaya ikan selain membesarkan juga mampu membenihkan ikan. Secara kalkulasi 1 pasang induk lele dapat bertelur puluhan ribu anakan, seharusnya di pasaran stok bibit ikan melimpah. Namun kenyataannya di lapangan stok bibit ikan selalu kekurangan, karena ternyata para pembudidaya ikan masih banyak kendala dalam membenihkan ikan. Kami ingin mengulas ujicoba pembenihan ikan lele di Lahan Praktek Karang Tumaritis BBLM Yogyakarta

Persiapan Induk

“Kami mempunyai induk lele jenis phyton, sangkuriang dan mutiara. Induk jantan dan betina dipelihara secara terpisah. Ciri induk jantan siap dikawinkan/dipijahkan adalh sehat, tidak cacat, perut jika diraba lembek, sirip perut dan ekor berwarna kemerahan, alat kelamin tonjolannya lebih besar berwarna merah kegelapan/ujungnya berwarna ungu. Sedangkan induk betina cirinya sehat, tidak cacat, perut bulat besar jika diurut mengeluarkan telur berwarna kehijauan, sirip perut dan ekor berwarna kemerahan, alat kelamin bengkak berwarna merah gelap” Terang Anggit Mangun PSM BBLM Yogyakarta persiapan pemijahan ikan lele.

Kolam Pemijahan

Kolam pemijahan di BBLM Yogyakarta berupa kolam terpal ukuran 2x3 meter. Kolam tersebut diisi air jernih setinggi 25 cm. Di dasar kolam dipasang kakaban dari jaring dengan diberi batu agar jaring tenggelam.

Persiapan Pemijahan

Pemijahan ikan dilakukan dengan cara semi intensif ada yang menggunakan kelenjar hipofisa dan juga yang menggunakan ovaprim. Untuk kelenjar hipofisa menggunakan ikan donor yaitu ikan mas/lele. Caranya ikan donor ditimbang sesuai bobot induk ikan yang akan dipijahkan, ikan donor dipotong kepalanya, kepala dibagi 2 arah horizontal, kepala bagian atas dibelah kemudia kelihatan hipofisa berutan butiran kecil berwarna putih susu, kemudian diambil dengan spuit dibersihkan dengan tissu diencerkan dengan aquabides selanjutnya disentrifugal agar homogen. Sedangkan untuk ovaprim dosisnya 0,2 ml/kg induk lele. Ovaprim diencerkan dengan aquabides dengan perbandingan 1:1.

Penyuntikan

Larutan hipofisa atau ovaprim daapt disuntikkan ke induk lele jantan dan betina. caranya larutan tersebut diambil dengan squit yang ada jarumnya, arahkan squit miring dengan sudut 45 derajat di ujung pangkal sirip punggung. Suntikkan larutan tersebut sedalam 5-7 ml.

Pemijahan

Induk jantan dan induk betina yang sudah disuntik dimasukkan ke dalam satu kolam pemijahan. Waktu memasukkan induk yang baik dilakukan sore hari jam 15.00-17.00, selanjutnya kolam ditutp rapat agar induk tidak meloncat dan  induk dibiarkan melakukan pemijahan secara alami.

Induk Bertelur

Besok paginya sekitar jam 08.00 pagi tutup kolam pemijahan dibuka akan terlihat di kakaban banyak sekali butiran kecil menempel di kakaban, itu yang disebut telur ikan lele. Telur yang berwarna putih adalah infertil/tidak menetas sedangkan yang berwarna bening kehijauan yang akan menetas. Induk jantan dan betina yang ada di kolam pemijahan segera diambil.

Telur Menetas

Besok paginya lagi, sekitar jam 08.00 di kolam pemijahan akan terlihat anakan lele berwarna putih berukuran kecil bergerak gerak kau. Itu tandanya telur sudah menetas.

Perawatan telur

Anakan yang ada baru diberi pakan setelah umur 3 hari dari penetasan. pakan yang diberikan berupa cacing sutra sampai umur 12 hari, setelahnya diberikan pakan pelet lembut, selanjutnya butiran kecil mengikuti besarnya bukaan mulut anakan ikan lele. Air kolam dijaga untuk tidak terlalu keruh dan bau, perlu diberikan pergantian air 1 minggu sekali. di umur 1 bulan dilakukan gradding agar ukuran ikan seragam. Perlu ketlatenan agar anakan lele dapat hidup sehat.

Semoga ujicoba pembenihan ikan lele ini terus berjalan kontinyu dan berhasil untuk menyediakan kebutuhan bibit dan sebagai referensi pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat.




BERITA POPULER