PANEN EDAMAME

383
  Senin, 06 Nopember 2017 DEMPLOT

Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta secara kontinyu dan berkelanjutan mengembangkan edamame di Lahan Praktek Karang Tumaritis. Hal ini karena perawatannya mudah, kandungan gizi edamame tinggi, harga jualnya tinggi, dan permintaannya banyak. Saat ini di Lahan Praktek ditanami edamame 3 petak sawah.

Edamame merupakan jenis tanaman kacang-kacangan yang berasal dari Jepang. Untuk sebagian orang di Indonesia, kedelai edamame mungkin masih terdengar asing. Edamame adalah salah satu super foods yang kaya akan vitamin A, vitamin C, serat, dan protein. Secangkir edamame mengandung 120 kalori, 9 gram serat, 2.5 gram lemak, 11 gram protein, dan 13 gram karbohidrat. Selain itu edamame juga rendah karbohidrat dan lemak.

Di akhir Bulan Oktober, Senin 30 Oktober 2017 mulai dilakukan panen edamame. Panen dilakukan karena umur edamame sudah umur 70 hari dan polong sudah banyak berisi penuh. Cara pemanenannya tidak dengan cabut batang, namun memilih polong edamame yang sudah padat berisi. Perlu kesabaran, ketelatenan, kerja keras dan membutuhkan beberapa tenaga saat panen.

Panen dengan cara tersebut dapat dilakukan beberapa kali, karena polong yang belum padat berisi akan berisi penuh beberapa hari kemudian. Biasanya panen dapat dilakukan sebanyak 4-5 kali dalam rentang waktu 2-3 minggu. Baru setelah habis polongnya tanaman edamame dicabut dan daunnya digunakan untuk pakan ternak, sedangkan akarnya digunakan untuk pembuatan pupuk organik Nitrogen (N).

Edamame yang sudah terpanen, masih dalam bentuk segar kemudian ditimbang dan dimasukkan dalam plastik sesuai pesanan. Dalam panen perdana ini sekitar 70 kg.

Silahkan bagi anda yang menyukai edamame dapat datang ke Kantor BBLM Yogyakarta untuk memesan edamame. Jika anda beruntung masih dapat kesempatan untuk memperoleh edamame.

 

ULASAN BUDIDAYA

Bagi anda yang penasaran tentang cara budidayanya. Kami uraikan sekilas cara budidaya edamame.

Awalnya edamame disemai terlebih dahulu, dengan cara menanamkannya pada bak semaian, dengan sabar satu persatu butir edamame dibenamkan ke tanah yang dibungkus plastik kecil pada bak semaian yang berisi sekitar 300 tanah dibungkus plastik kecil.

Lahan yang akan digunakan untuk menanam edamame sudah disiapkan dengan membuat bedengan-bedengan. Setiap bedengan diberikan pupuk dasar dan diberikan mulsa diatasnya. Mulsa yang sudah terpasang rapi diberikan lubang tanam dengan jarak 20x25 cm.

Pada hari ke tujuh, bibit edamame yang sudah cukup kuat berdaun dua akan dipindahkan ke lahan pertanian yang sudah disiapkan. Setiap lubang mulsa yang berjarak 20x25 cm ditugal/diberikan lubang tanam dan diberi antracol untuk mencegah serangan hama. Semaian edamame yang sudah dipilih ditanam tiap lubang tanam.

Perlunya perawatan, dengan menyulam tanaman yang tidak tumbuh. Pemberian pupuk fermentasi kotoran kambing 1 minggu sekali dan pupuk NPK mutiara. Hama yang paling banyak menyerang adalah ulat, harus diantisipasi sedini mungkin agar tidak menyerang. Nah di umur 70 hari sudah siap panen.

Silahkan mencoba budidaya edamame, merupakan peluang yang sangat menguntungkan.

Panen Edamame

Aktivitas panen edamame di Lahan Praktek Karang tumaritis

Tanaman edamame siap panen


BERITA POPULER